Takar Biaya Perawatan CVT Motor Matik Usia 3 Tahun
Takar biaya perawatan CVT matik 3 tahun (Foto: Banar).
.

Takar Biaya Perawatan CVT Motor Matik Usia 3 Tahun

motorinanews, Jakarta - Saking sibuknya bekerja, ada aja empunya besutan matik yang lupa servis bagian CVT-nya. Tak heran pula bila ada kendala gredeg-gredeg di putaran bawah.

Seperti yang dialami Agus, pembesut Honda Vario 125 lansiran 2015 ini. “Posisi langsam enggak ada masalah, tapi saat grip gas mulai dipelintir, terasa gredeg-gredeg. Saya yakin hal ini karena rollernya peyang, karena memang sudah lama belum diganti,” bebernya.

Namun setelah matik kesayangan diganti roller di bengkel umum pinggir jalan, ternyata penyakitnya masih ada. Nah, untuk memastikan penyakit sebenarnya karena apa, Agus menggiring matik kesayangannya ke beres (bengkel resmi).

Nah, solusinya adalah ganti kampas dan rumah koplingnya. Barulah penyakitnya sembuh.

“Hampir semua motor matik, kalau umur pakainya sudah 3 tahun ke atas, komponen CVT  seperti; kampas kopling dan rumah kampas kopling memang sudah waktunya diganti. Biasanya kampas kopling sudah tipis dan rumah koplingnya sudah kegerus atau aus,” ucap Aris, kepala bengkel Honda Clara Motor II.

Pebengkel di Jl. Arteri Kelapa Dua Kebun Jeruk, Jakbar ini menambahkan, kalau cuma ganti roller saja tanpa mengganti peranti tersebut satu set, gejala gredeg-gredeg di CVT masih tetap terasa.

“Seperti halnya motor bebek atau sport. Ganti rantai saja tapi tidak ganti gir baru, pasti dipakai kurang nyaman serta usia pakainya enggak akan tahan lama. Jadi memang harus ganti satu paket komponen CVT biar kinerjanya normal kembali,” yakin Aris.

Selain ketiga peranti itu, bila komponen pendukungnya sudah lama belum diganti, sebaiknya diperbaharui juga. Seperti; v-belt dan rumah roller. Kalau merujuk buku pedoman servis, v-belt maupun roller diganti setiap 24.000 km.

Nah, biar ada gambaran jelas  mesti ganti apa saja dan berapa harganya kalo punya motor matik yang usianya menginjak 3 tahun, lihat tabel di bawah.(Banar)

 

Takar biaya perawatan CVT motor matik usia 3 tahun:

Kampas ganda            Rp 110 ribu

Rumah kampas ganda Rp 110 ribu

V-belt + roller            Rp 173 ribu

Rumah roller              Rp 61 ribu

Grease/gemuk           Rp 10 ribu

Jasa                          Rp 45 ribu

Total                        Rp 509 ribu

 

 

 

 

 

# TAGS : cvt matik servis perawatan takar biaya