Rawat Kabel Gas Cukup Pakai Semprotan Anti Karat, Bebas Nyangkut
Rawat kabel gas cukup disemprot cairan anti karat (Foto: Banar).
.

Rawat Kabel Gas Cukup Pakai Semprotan Anti Karat, Bebas Nyangkut

motorinanews, Jakarta - Kabel gas seret atau macet bisa terjadi pada semua tunggangan, baik bebek, matik maupun sport. Umumnya disebabkan banyak kotoran yang menyelinap di dalam rumah kabel gas.

“Hal ini sering terjadi lantaran kabel gas jarang dicek dan dibersihkan secara berkala. Biasanya karena ada air yang masuk ke dalam rumah kabel gas yang selanjutnya menimbulkan karat dan membuat kabel gas seret,” ucap Syafrudin, punggawa Udin Motor.

Pengerjaannya juga enggak ribet. Sebagai gambaran dipraktikan pada Yamaha Mio lansiran 2006. Sebelumnya siapkan peralatannya, yakni; obeng kembang, kunci pas 12 mm, oli baru, bensin/cairan anti karat dan pelumas.

Langkah awal, copot batok lampu dengan cara melepas 4 baut pengikatnya dari sisi depan menggunakan obeng kembang.  Kemudian lepas kabel gas sisi atas yang terhubung dengan grip gas. Caranya dengan melepas 3 baut pengikat grip gas pakai obeng yang sama.

Selanjutnya lepas ujung kabel gas sisi bawah yang terhubung dengan karburator. Tapi sebelumnya buka dulu cover mesin dan bodi samping kanan. Lalu lepas kabel gas dengan cara membuka mur pengunci pakai kunci pas ukuran 12mm.

“Kalau kedua ujung kabel gas sudah terlepas, bersihkan rumah kabel gas pakai semprotan anti karat atau bensin secukupnya dari sisi atas. Nah, biar bensin atau cairan anti karat cepat masuk, kabel gas sembari ditarik naik turun. Lakukan berulang kali hingga kotoran atau endapan karat hilang semua lewat lubang rumah kabel gas sisi bawah,” beber pria pengalaman lebih dari 10 tahun.

Nah, kalau kotoran sudah hilang semua, masukkan oli ke dalam rumah kabel gas untuk memperlancar tarik ulur kabel gas sekaligus antisipasi karat.

“Langkah akhir, bersihkan selongsong grip gas dan lumasi pakai vaselin biar puntiran grip gas lebih lancar. Dijamin bebas nyangkut dan enggak takut hujan-hujanan lagi,” tutup Udin. (Banar)

 

 

# TAGS : kabel gas semprotan nyangkut seret perawatan