tikpat
Tanda-Tanda Selang Rem Harus Diganti
Tanda-tanda selang rem harus ganti baru (Foto: Banar).
.

Tanda-Tanda Selang Rem Harus Diganti

motorinanews, Jakarta - Selang rem pada motor yang mengandalkan rem cakram, sangatlah vital karena menyangkut keselamatan.

 

Sayangnya selang rem ini jarang dirawat maupun dicek oleh sang pemilik, karena memang jarang bermasalah. Atau dengan kata lain, baru dicek kalau sudah bermasalah.

 

Soal umur pakai, selang rem memang enggak ada patokannya. Baik tunggangan sudah berusia 5 tahun, 10 tahun atau lebih.

 

“Meskipun sudah menempuh jarak ratusan ribu kilometer, juga bukan jadi patokan selang rem harus diganti,” ujar Yuli Santoso, kepala bengkel Suzuki dewi Sartika.

 

Berdasar pengalaman para pebengkel, selang rem diganti baru kalau sudah bermasalah. Nah, berikut tada-tanda selang rem harus diganti baru.

 

Rembes

Meski tidak ada patokan berapa ribu kilometer maupun berapa tahun pemakaian, pastinya selang rem juga memiliki masa pakai dan penurunan kinerja.

 

“Biasanya kalau sudah ada rembesan minyak rem, baik dibagian selang maupun di bagian napel, baru diganti baru,” imbuh Yuli Santoso.

 

Retak-retak

“Selain karena rembes, biasanya selang rem diganti kalau sudah retak-retak. Bila hal ini tidak segera diganti, dikhawatirkan lama-kelamaan selang rem bocor akibat tekanan minyak rem secara kontinyu saat proses pengereman,” papar pria yang ngepos di Jl. Dewi Sartika, Jaktim.

 

Sedangkan ongkos tebus selang rem bervariasi, mulai dari Rp 150 - 200 ribu, tergantung jenis tunggangan.

 

“Oh ya, agar pengereman tetap optimal, maksimal 2 tahun sekali minyak rem dikuras dan diganti baru. Karena dipastikan di dalamnya sudah terdapat uap air yang bikin pengereman kurang maksimal,” anjurnya.

 

Selain hal tersebut, kondisi alam dengan cuaca ektreme dan sering melintas di kemacetan, juga memicu selang rem lebih cepat retak maupun rusak.

 

“Beda dengan kondisi di daerah atau pedesaan yang iklimnya lebih bersahabat, sehingga kinerja rem tidak terlalu berat karena enggak ada kemacetan,” pungkas Yuli. (Banar)

 

# TAGS : selang rem rembes retak retak rem cakram