tikpat
Lady Bikers Wajib Paham 5 Hal Ini, Saat Naik Matik Gambot
Lady bikers naik matik gambot (Banar).
.

Lady Bikers Wajib Paham 5 Hal Ini, Saat Naik Matik Gambot

motorinanews, Jakarta - Makin menjamurnya tunggangan matik dengan model gambot seperti Honda PCX, ADV, Yamaha NMAX, XMAX, SYM dan matik gambot lainnya, tambah banyak pula lady bikers yang memboyongnya.

“Motor gambot identik dengak jok lebar dan lebih tinggi dari motor matik pada umumnya. Biasanya kedua kaki lady bikers, tidak menapak ke aspal dengan sempurna. Usahakan kedua kaki enggak jinjit, agar saat motor akan melaju maupun berhenti, mempermudah menjaga keseimbangan,” tutur Herry Wahyudi, S.Kom, chief instructor RDL (Rifat Drive Labs).

Nah pria yang mengantongi sertifikat NRT (National Recognized Training) dari Australia ini menegaskan bahwa ada 5 step yang perlu dilakukan saat lady bikers menunggani matik gambot;

  1. Usahakan kedua kaki menapak ke aspal dengan sempurna.
  2. Biasakan urut gas secara pelan dan bertahap. Kalo motor sudah melaju, dahulukan kaki kanan yang naik ke dek dilanjutkan kaki kiri.
  3. Lalu saat motor sudah melaju, jangan membiasakan jari kanan standby di tuas rem depan (kanan). Hal ini untuk menghindari terjadinya pengereman refleks atau pengereman tanpa direncanakan. Tapi kalo standby pada tuas rem belakang, enggak masalah.
  4. Usahakan saat bermanuver atau belok, harus memetakan kondisinya aman dari kendaraan lain atau bahaya sekitar. Pasalanya matik gambot biasanya lebih lebar dan panjang, jadi enggak bisa sembarangan main belok seperti halnya naik motor matik yang lebih kecil.
  5. Herry Wahyudi menambahkan. Pada saat akan berhenti, kalo laju kendaraan sudah pelan di bawah 30 km/jam, gunakan hanya rem belakang saja. Usahakan kaki kiri saja yang turun ke aspal, sedangkan kaki kanan tetap di atas dek. (Banar)

 

# TAGS : matik gambot lady bikers Herry Wahyudi Safety riding RDL